Senin, 17 Mei 2010

Ulurawas Kaya SDA


MUSIRAWAS, MS
            PERUT bumi Ulurawas, Musirawas, Provinsi Sumatera Selatan, menyimpan potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Menurut Camat Ulurawas H Daut, selain pertanian dan perkebunan karet, kecamatannya memiliki emas, timah putih, timah hitam, batu besi, migas, sampai batubara. “Selain itu disini juga memiliki objek wisata yang eksotik yaitu goa Napallicin,” katanya.
            Sayangnya potensi yang berlimpah itu belum tergarap maksimal. Untuk itu, H Daut menegaskan pihaknya akan berupaya sekuat tenaga dan berkoordinasi dengan Pemkab dan Pemprov untuk mengelola kekayaan alam ini.
            Ditambahkan, saat ini untuk kebutuhan sehari-hari seperti beras, sayur, dan cabe, masyarakatnya sudah tidak mengalami kesulitan. Hanya saja untuk kebutuhan lainnya seperti gula pasir, garam, minyak, masih tergantung dengan kondisi  sarana transportasi jalan. “Apabila jalan mulus kebutuhan masyarakat Ulurawas terjamin,” ucapnya.
            Adapun mengenai penerangan listrik PLN, H Daut mengungkapkan pemerintah tak perlu bersusah hati, karena selama ini masyarakat sudah terbiasa menggunakan lampu petromaks. Hanya saja, mengenai sarana transportasi, H Daut menekankan perlu keseriusan pemerintah, karena lokasinya merupakan perbukitan, lagipula kondisi tanah labil, dan tidak bisa dikoral. “Setiap hujan aliran air akan menghanyutkan koral,” katanya.
            Untuk bidang pertanian, H Daut berharap adanya pembinaan dari dinas terkait kepada petani di kecamatan Ulurawas. Sehingga ribuan hektar lahan pertanian dapat dikelola dengan baik dan petani dapat panen 3 kali setahun. “Bila ini terwujud, saya yakin Ulurawas akan jadi lumbung padi, yang tentu saja dampaknya kesejahteraan petani akan meningkat,” demikian H Daut. (Arpandi)

0 komentar:

© 2008 Por *Templates para Você*