Senin, 17 Mei 2010

Sungai Tupak Meluap, Petani Gagal Panen


MUSIRAWAS, MS
SEDIKITNYA 200 hektar sawah di Desa G 2 Dwijaya dan J Ngadirejo, Tugumulyo, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mengalami gagal panen. Menurut Kepala Desa G2 Dwijaya, Pulung, hal ini disebabkan karena luapan air Sungai Tupak yang merendam tanaman padi.
”Sawah mengalami gagal tanam, ada juga yang sampai 3 kali tanam, namun tidak berhasil,” kata Pulung, Jumat (28/4). “Hal ini terjadi bukanlah yang pertama, tapi sudah berulang kali.” Mengantisipasi masalah ini, Pulung mengaku sudah sering melapor ke KUPT pengairan untuk melakukan pengerukan Sungai Tupak. “Tapi sampai sekarang Sungai Tupak belum pernah dikeruk,” tambahnya.
Bosan menunggu perhatian pemerintah, Pulung pernah mengerahkan 300 warga bergotong royong selama 5 hari untuk membersihkan Sunga Tupak, seperti membuang kayu-kayu yang tumbuh di sungai tersebut. Tapi karena keterbatasan tenaga, tidak semuanya dapat dibersihkan. “Panjang Sungai Tupak ini mencapai lima belas kilo meter,” ungkapnya, tetap berharap pemerintah ada perhatian atas masalah ini sehingga warga dapat menggarap sawah tanpa khawatir bakal terendam. (Amsul Efendi)http://mediasumateranews.blogspot.com

0 komentar:

© 2008 Por *Templates para Você*