Kamis, 01 April 2010

Polindes Jadi Kandang Kambing

MUSIRAWAS, MS
PEMBANGUNAN polindes yang menghabiskan dana ratusan juta rupiah, belum dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Napallicin, Muarakuis, dan Desa Jangkat, Ulurawas, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan. Pasalnya sampai saat ini 3 polindes itu belum ditempati petugas medis seperti bidan.
“Sampai sekarang bangunan itu menjadi kandang kambing,” kata M Malik, warga Muarakulam. “Padahal kehadiran tenaga medis sangat dibutuhkan masyarakat.”
Terkait persoalan ini, Camat Ulurawas, H Daut menerangkan pihaknya sudah melapor ke dinas terkait, agar bidan yang ditugaskan dapat ditempatkan. “tempatnya sudah dibangun permanent, jadi sangat disayangkan kalau sampai polindes sampai tidak ditempati,” kata H Daut.
Sedangkan tokoh masyarakat Ulurawas, Sariadi, mengungkapkan sudah puluhan tahun pemerintah menetapkan bidan untuk bertugas di desa, namun sudah puluhan tahun pula orang hamil di daerahnya melahirkan dibantu dukun kampung, dan menggunakan obat jaman kerajaan, yakni obat tradisional, meminum perasan dari ramuan dari daun-daunan dan kayu. “ Hal seperti itu untuk sekarang sudah bukan zamannya lagi,” kata Sariadi. “Kami berharap kebijakan pemerintah untuk menempatkan tenaga medis di polindes itu, mengingat desa yang bersangkutan jauh dari puskesmas kecamatan.” (Arpandi)

0 komentar:

© 2008 Por *Templates para Você*